SELAMAT DATANG DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) AZA YAYASAN ALFARIZI ZUL AZMI MENKUM HAM AHU 0008004.AH.01.12.TAHUN 2022 IJIN OPERASIONAL NO.363 TAHUN 2023 KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROPINSI SUMATERA UTARA NOMOR STATISTIK MADRASAH (NSM) 101212710800 NO.KODE MADRASAH 0331 NOMOR POKOK SEKOLAH NASIONAL (NPSN) 70042641 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA ALAMAT : JLN. PLATINA IV GANG.MEDAN BARU/MAKMUR NO.92 LINGKUNGAN XI KELURAHAN TITIPAPAN KECAMATAN MEDAN DELI-KOTA MEDAN PROPINSI SUMATERA UTARA K.POS 20244 HP/WA : 081370648715

KURIKULUM PROGRAM UNGGULAN

 


Program Pendidikan Fase Dasar 1

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase awal anak sekolah. Awal anak mulai berpisah dengan orangtuanya dan keluar dari zona nyaman mereka. Fase mereka mulai berkumpul dengan orang asing, dan fase mereka mulai memasuki masa mumayyiz. Pendidikan harus mampu menumbuhkan kemandirian, kemampuan untuk mengurus diri sendiri, kemampuan berkomunikasi secara lisan yang baik, serta menuntaskan kemampuan membaca latin dan Arab. Pendidkan juga harus mampu mengasah kemampuan kognitif mereka, mengenali bakat dan minat mereka, membiasakan anak dengan adab dan doa sehari-hari serta akhlak seorang muslim. Pendidikan juga harus mampu secara bertahap mengenal, membedakan, dan bersikap atas baik dan buruk, boleh dan tidak boleh, sopan dan tidak sopan, pantas dan tidak pantas.

Desain Pendidikan dalam Fase Dasar 1 meliputi:

1.   Pendidikan didesain menyenangkan, tidak menjenuhkan dan tidak membosankan

2.   Penerapan model pendidikan langsung dan tidak langsung

3.   Dilakukan tanpa mengabaikan adab dan akhlak Islami

4.   Pendidikan umum dan diniyah dilakukan secara tematik

 

Pendidikan Fase Dasar 2

Fase persiapan menjadi tholabul ‘ilmi, secara bertahap mengajarkan mereka adab-adab dan konsekuensi sebagai tholabul ilmi serta pengetahuan dasar. Pada fase inilah fase terbaik untuk menghafal Al Quran, mengingat mereka sempurna akalnya (belum mumayyiz sempurna), akal mereka belum dapat mencerna Al Quran, dan pikiran mereka belum dipenuhi berbagai hal dan urusan.

Desain Pendidikan dalam Fase Dasar 2 ini meliputi:

1.    Siswa mulai diarahkan pembelajaran dalam kelas, dengan adab belajar Islami.

2.    Waktu istirahat lebih sedikit dari TK A dan TK B, namun lebih banyak dari SD.

3.    Pembelajaran beralih dari sistem tematik dan menjadi sistem modul.

4.    Tambahan waktu digunakan untuk tahfizh Al-Quran.

 

Program

KELOMPOK

USIA

JAM BELAJAR

KETERANGAN

A

4-5 TAHUN

08:00-11:00 WIB

 

B

5-6 TAHUN

08:00-11:30 WIB

 

 

Desain Kurikulum

Fase Dasar 1 (TK A dan TK B)

NO.

MAPEL

KETERANGAN

1.

TEMATIK DINIYAH

·       Hafalan doa harian dan hadits pendek

·       Adab harian

·       Adab dan akhlak muamalah

·       Pengetahuan diniyyah umum

2.

ALQUR’AN

·       Hafalan Al-Fatihah dan surat pendek

·       Iqra

3.

TEMATIK UMUM

·       Pengetahuan umum sehari-hari

·       Mengenal bilangan:

TK A mengenal lambang bilangan dan membilang 1 s.d. 10

– TK B berhitung 1 s.d. 20

Bahasa

– Kosa kata bahasa Indonesia dan Arab yang disajikan secara tematik

– Percakapan sehari-hari:

·         TK A : Bahasa Indonesia

·         TK B : Bahasa Indonesia dan Arab

Materi Tematik

– Kognitif, seni dan motorik


PROGRAM UNGGULAN

1. Sesuai Sunnah

Pendidikan yang sesuai sunnah di segala aspek, tidak hanya konten materi diniyah, meliputi:

·         Pendidikan iman dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

·         Pendidikan sesuai fitrah dan tahapan pendidikan anak

·         Pendidikan adab dan akhlak tholabul ilmi

·         Fokus mendidik ilmu yang bermanfaat sesuai skala prioritas

·         Pendidikan dengan teladan

2. Sesuai Fase Pendidikan Anak

·         Desain sesuai fase pendidikan anak yang berlandaskan dari Al-quran dan Sunnah

·         Desain pembelajaran PAUD KB yang menyenangkan, mengajarkan ilmu yang bermanfaat semenjak awal bersekolah dan meninggalkan yang kurang bermanfaat, dengan desain yang menyenangkan

3. Baca Tulis Latin & Arab

·         Akselerasi membaca latin dan membaca Al Quran semenjak TK A tanpa membebani siswa, dengan memberikan metode dan lingkungan yang menyenangkan sehingga masa sekolah siswa benar-benar bermanfaat.

4. Tahfizh Alquran

·         Program tahfizh yang lebih komprehensif di TK A dan TK B dengan menyediakan guru, rasio guru yang ideal, lingkungan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat serta mengefektifkan kerja sama dengan orang tua.

5. Bahasa Arab

·         Pembelajaran bahasa Arab dengan dibimbing oleh guru-guru yang berkompetensi di bidangnya, dipadukan denan kurikulum yang komprehensif dan metode pengajaran yang menyenangkan, menjamin ketuntasan pembelajaran.

6. Integrasi Pendidikan Akhlak dan Karakter

·         Intergrasi pendidikan adab muamalah, akhlak, dan pembentukan karakter di jam dan modul pembelajaran

7. Biaya Terjangkau

·         Kami berkomitmen untuk menjaga keterjangkauan sekolah, tanpa mengabaikan kualitas. Selain itu, kami menyelenggarakan pendidikan dengan konsep fairness, dimana biaya sekolah tidak dibebankan di awal tahun ajaran namun terdistribusi secara merata tiap tahun.

8. Modul Mandiri

·         Modul disusun secara mandiri oleh tim khusus (Annawawi Media) yang berpengalaman. Modul terus mengalami perbaikan (continuous improvement) dari hasil analisis antara teori dan hasil implementasi di lapangan. Modul PAUD KB Imam Nawawi meliputi:

a. Modul sesuai mata pelajaran

b. Buku panduan orangtua

c. Buku monitoring siswa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar