Program Pendidikan
Fase Dasar 1
Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase awal anak sekolah. Awal anak mulai
berpisah dengan orangtuanya dan keluar dari zona nyaman mereka. Fase mereka
mulai berkumpul dengan orang asing, dan fase mereka mulai memasuki masa
mumayyiz. Pendidikan harus mampu menumbuhkan kemandirian, kemampuan untuk
mengurus diri sendiri, kemampuan berkomunikasi secara lisan yang baik, serta
menuntaskan kemampuan membaca latin dan Arab. Pendidkan juga harus mampu
mengasah kemampuan kognitif mereka, mengenali bakat dan minat mereka,
membiasakan anak dengan adab dan doa sehari-hari serta akhlak seorang muslim.
Pendidikan juga harus mampu secara bertahap mengenal, membedakan, dan bersikap
atas baik dan buruk, boleh dan tidak boleh, sopan dan tidak sopan, pantas dan
tidak pantas.
Desain
Pendidikan dalam Fase Dasar 1 meliputi:
1.
Pendidikan didesain menyenangkan,
tidak menjenuhkan dan tidak membosankan
2.
Penerapan model pendidikan
langsung dan tidak langsung
3.
Dilakukan tanpa mengabaikan adab
dan akhlak Islami
4.
Pendidikan umum dan diniyah
dilakukan secara tematik
Pendidikan
Fase Dasar 2
Fase
persiapan menjadi tholabul ‘ilmi, secara bertahap mengajarkan mereka adab-adab
dan konsekuensi sebagai tholabul ilmi serta pengetahuan dasar. Pada fase inilah
fase terbaik untuk menghafal Al Quran, mengingat mereka sempurna akalnya (belum
mumayyiz sempurna), akal mereka belum dapat mencerna Al Quran, dan pikiran
mereka belum dipenuhi berbagai hal dan urusan.
Desain
Pendidikan dalam Fase Dasar 2 ini meliputi:
1.
Siswa mulai diarahkan pembelajaran
dalam kelas, dengan adab belajar Islami.
2.
Waktu istirahat lebih sedikit
dari TK A dan TK B, namun lebih banyak dari SD.
3.
Pembelajaran beralih dari sistem
tematik dan menjadi sistem modul.
4.
Tambahan waktu digunakan untuk
tahfizh Al-Quran.
Program
KELOMPOK |
USIA |
JAM BELAJAR |
KETERANGAN |
A |
4-5 TAHUN |
08:00-11:00 WIB |
|
B |
5-6 TAHUN |
08:00-11:30 WIB |
|
Desain
Kurikulum
Fase Dasar 1 (TK A dan TK B) |
||
NO. |
MAPEL |
KETERANGAN |
1. |
TEMATIK
DINIYAH |
·
Hafalan doa harian dan
hadits pendek ·
Adab harian ·
Adab dan akhlak muamalah ·
Pengetahuan diniyyah umum |
2. |
ALQUR’AN |
·
Hafalan Al-Fatihah dan
surat pendek ·
Iqra |
3. |
TEMATIK UMUM |
·
Pengetahuan umum
sehari-hari ·
Mengenal
bilangan: – TK A mengenal lambang bilangan
dan membilang 1 s.d. 10 – TK B
berhitung 1 s.d. 20 Bahasa – Kosa kata bahasa Indonesia dan Arab yang
disajikan secara tematik – Percakapan sehari-hari: ·
TK A : Bahasa Indonesia ·
TK B : Bahasa Indonesia
dan Arab Materi Tematik – Kognitif,
seni dan motorik |
PROGRAM UNGGULAN
1. Sesuai Sunnah
Pendidikan yang sesuai sunnah di segala
aspek, tidak hanya konten materi diniyah, meliputi:
·
Pendidikan iman dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
·
Pendidikan sesuai fitrah dan tahapan pendidikan anak
·
Pendidikan adab dan akhlak tholabul ilmi
·
Fokus mendidik ilmu yang bermanfaat sesuai skala prioritas
·
Pendidikan dengan teladan
2. Sesuai Fase Pendidikan
Anak
·
Desain sesuai fase pendidikan anak yang berlandaskan dari Al-quran
dan Sunnah
·
Desain pembelajaran PAUD KB yang menyenangkan, mengajarkan ilmu
yang bermanfaat semenjak awal bersekolah dan meninggalkan yang kurang
bermanfaat, dengan desain yang menyenangkan
3. Baca Tulis Latin & Arab
·
Akselerasi membaca latin dan membaca Al Quran semenjak TK A tanpa
membebani siswa, dengan memberikan metode dan lingkungan yang menyenangkan
sehingga masa sekolah siswa benar-benar bermanfaat.
4. Tahfizh Alquran
·
Program tahfizh yang lebih komprehensif di TK A dan TK B dengan
menyediakan guru, rasio guru yang ideal, lingkungan dan penggunaan metode
pembelajaran yang tepat serta mengefektifkan kerja sama dengan orang tua.
5. Bahasa Arab
·
Pembelajaran bahasa Arab dengan dibimbing oleh guru-guru yang berkompetensi
di bidangnya, dipadukan denan kurikulum yang komprehensif dan metode pengajaran
yang menyenangkan, menjamin ketuntasan pembelajaran.
6. Integrasi Pendidikan Akhlak dan Karakter
·
Intergrasi pendidikan adab muamalah, akhlak, dan pembentukan
karakter di jam dan modul pembelajaran
7. Biaya Terjangkau
·
Kami berkomitmen untuk menjaga keterjangkauan sekolah, tanpa
mengabaikan kualitas. Selain itu, kami menyelenggarakan pendidikan dengan konsep
fairness, dimana biaya sekolah tidak dibebankan di awal tahun ajaran namun
terdistribusi secara merata tiap tahun.
8. Modul Mandiri
·
Modul disusun secara mandiri oleh tim khusus (Annawawi Media) yang
berpengalaman. Modul terus mengalami perbaikan (continuous improvement) dari
hasil analisis antara teori dan hasil implementasi di lapangan. Modul PAUD KB
Imam Nawawi meliputi:
a. Modul sesuai mata pelajaran
b. Buku panduan orangtua
c. Buku monitoring siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar